Nativ Disc Sulap Koleksi CD Musik Menjadi Format Lossless dengan Informasi yang Merinci.

DailySocial.id

Sengaja dirancang untuk melengkapi Nativ Vita, ‘saudaranya’ yang merupakan pemutar audio Hi-Rese.

April kemarin, kita sudah melihat debut sebuah startup asal Hong Kong dalam menyajikan pemutar audio Hi-Res rumahan bernama Nativ Vita. Misi yang hendak mereka capai sebenarnya cukup ambisius, terbukti dari dua perangkat pelengkap yaitu DAC-amplifier dan power supply khusus untuk menyuplai daya listrik yang ‘bersih’.

Kini startup yang beroperasi di bawah nama Nativ Sound tersebut kembali membuktikan komitmennya lewat perangkat baru yang juga dirancang untuk melengkapi Vita. Dijuluki Nativ Disc, perangkat ini pada dasarnya merupakan sebuah CD ripper yang siap mengonversi musik dari CD menjadi format lossless.

Desainnya sengaja dibuat senada dengan Vita, mengingat pengguna bisa menyambungkan Disc langsung ke Vita lewat USB. Proses konversi dipastikan berjalan semudah dan sesederhana mungkin, hanya melibatkan pengguna untuk menyelipkan koleksi CD musik yang mereka miliki ke dalam Disc satu demi satu.

Pengguna bisa memilih format yang diinginkan, apakah FLAC, WAV atau MP3, untuk disimpan ke dalam unit hard disk milik Nativ Disc sebelum akhirnya dioper ke Vita. Selama proses rippingberlangsung, Disc memastikan kopi file dibuat seidentik mungkin dengan sumber CD-nya.

Tidak kalah menarik adalah bagaimana Nativ telah bekerja sama dengan Gracenote. Kemitraan ini memungkinkan Nativ Disc untuk mengenali CD musik yang hendak di-rip, lalu menyajikan informasi album beserta cover art-nya secara otomatis. Tak hanya itu, Gracenote juga akan meracik playlist berdasarkan aktivitas dari deretan CD yang telah di-rip.

Bagi mereka yang telah menjadi backer dari Nativ Vita, Nativ Disc bisa dibilang sebagai perangkat pendukung yang wajib dibeli. Alasannya simpel saja: mereka yang tertarik dengan Nativ Vita pastinya merupakan audiophile, dan seorang audiophile kemungkinan besar memiliki koleksi CD musik yang cukup banyak – yang perlahan dimakan usia di era serba streaming ini.

 


Read More