Nativ Vita Ialah Pemutar Audio Hi-Res dengan Layar Sentuh Masif dan Desain Premium.

DailySocial.id

Nativ Vita: Pemutar Audio Hi-Res

Kalau sudah hobi, berapa pun biaya yang dibutuhkan pasti akan dipenuhi. Mungkin seperti itu jawaban yang dilontarkan komunitas audiophile ketika ditanya mengapa mereka rela mengucurkan dana yang besar hanya demi memanjakan kedua telinganya.

Kalau kita menikmati musik menggunakan headphone yang tersambung ke smartphone, komunitas audiophile lebih percaya dengan pemutar audio Hi-Res portable besutan Astell & Kern, Onkyo, Fiio yang harganya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan dolar.

Kalau di ranah portable pilihan pemutar audio Hi-Res cukup banyak, tidak demikian untuk kebutuhan rumahan. Celah inilah yang ingin diisi oleh startup asal Hong Kong bernama Nativ Sound. Lewat Indiegogo, mereka memperkenalkan sistem pemutar audio Hi-Res perdananya.

Inovasi Nativ ini terpisah menjadi dua bagian. Yang pertama dan paling utama adalah Nativ Vita. Sebuah pemutar audio Hi-Res yang menyerupai sebuah tablet. Ia bahkan dilengkapi layar sentuh berukuran 11,6 inci yang bertindak sebagai pusat kontrol dari konten audio yang tengah dijalankan.

Vita dirancang secara spesifik untuk audio Hi-Res, dengan dukungan resolusi hingga 32-bit/384 kHz. Untuk itu, kapasitas penyimpanannya pun tidak tanggung-tanggung. Nativ menawarkan varian dengan kapasitas hingga 4 TB.

Namun kalau Anda lebih suka streaming, Nativ Vita pun siap meneruskan audio dari berbagai layanan macam Apple Music, Spotify dan masih banyak lagi. Buat penggemar video musik, Vita pun siap meneruskannya ke televisi via sambungan HDMI atau secara nirkabel.

Semua ini dikemas dalam wujud yang amat elegan. Strukturnya tersusun dari perpaduan material aluminium, kayu dan kaca, tidak kalah premium dari speakerspeaker kelas atas besutan Bang & Olufsen maupun Bowers & Wilkins. Vita sendiri siap meneruskan audio ke hampir semua jenis speaker dan headphone, baik melalui sambungan kabel atau nirkabel.

Yang tak kalah menarik adalah bagaimana Nativ merancang Vita dengan platform yang terbuka. Artinya, developer bebas menciptakan aplikasi untuknya. Hal ini berarti nantinya Vita juga bisa berperan sebagai pusat kontrol perangkat smart home selagi meneruskan audio Hi-Res ke sound system kepercayaan di kediaman Anda.

Menemani Vita adalah Nativ Wave. Ia pada dasarnya merupakan perpaduan DAC (digital-to-analog converter) dan amplifier untuk digunakan bersama Vita maupun pemutar musik lainnya, seperti PC misalnya. Vita sendiri sebenarnya sudah mendukung audio Hi-Res, akan tetapi Wave akan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi lagi buat mereka yang bertelinga istimewa.

Wave didesain dengan gaya yang senada seperti Vita, dan ia memang dimaksudkan sebagai pelengkap untuk Vita. Di dalamnya bernaung sepasang DAC 24-bit/192 kHz besutan Burr-Brown. Agar semuanya bisa berjalan maksimal, daya listrik akan disuplai oleh komponen opsional bernama Native Pulse.

Tentu saja Nativ Vita saja sudah lebih dari cukup untuk memanjakan telinga konsumen secara umum, tapi untuk audiophile kelas berat, Wave dan Pulse sepertinya juga akan masuk dalam pertimbangan.

Ketiganya saat ini sedang ditawarkan di Indiegogo. Selama masa early bird, Vita dibanderol $999, lalu Wave dan Pulse seharga $1.199.


Read More